PURBALINGGA SURGANYA PARIWISATA

Kabupaten Purbalingga merupakan salah satu daerah di wilayah Propinsi Jawa Tengah.Di bidang Pariwisata kabupaten Purbalingga sekarang sudah menjadi ikon pariwisata di Propinsi Jawa Tengah.Banyak sekali obyek wisata yang ada di wilayah Kabupaten Purbalingga.Hal ini akan memudahkan para wisatawan yang datang berkunjung ke Kabupaten Purbalingga.Beberapa obyek wisata yang ada di kabupaten Purbalingga diantaranya :

A. WISATA RELIGI

PETILASAN SYEH JAMBU KARANG

Petilasan atau makam Syech Jambukarang terletak di Desa Penusupan, Kecamatan Rembang, juga layak menjadi tempat wisata ziarah. Petilasan Ardilawet ini dikeramatkan oleh warga Purbalingga.
Tak heran, masyarakat banyak yang mengunjungi untuk menyepi dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Mitos yang berkembang di masyarakat, berdoa di tempat ini akan cepat dikabulkan. Sejumlah masyarakat dari dalam dan luar kota Purbalingga Banyak yang berkunjung dan berdoa untuk berbagai aplikasi di perbukitan Ardilawet ini.

MASJID JAMI LAKSAMANA CHENG HOO

Lokasi ada di Jl Raya Purbalingga – Bobotsari desa Selaganggeng Kec Mrebet.Berdirinya Masjid Jami Cheng Hoo ini merupakan prakarsa dari PITI (Persatauan Islam Tionghoa Indonesia). Masjid ini merupakan akulturasi arsitektur bergaya China/Tiongkok dan Jawa. Bentuknya mirip kelenteng dan tidak ada kubah bulat di bagian atapnya seperti masjid kebanyakan. Masjid Jami Muhammad Cheng Hoo ini mulai dibangun pada tahun 2005. Setelah terhenti pada tahun 2006, pembangunan dilanjutkan pada tahun 2010, dan diresmikan tanggal 5 Juli 2011.
Masjid Jami PITI Muhammad Cheng Hoo menjadi suatu bukti terdapatnya keberagaman agama, suku maupun ras dalam kehidupan bermasyarakat di Purbalingga. Hal ini menjadi suatu kekuatan yang luar biasa. Para muslim Tionghoa memanfaatkan Masjid Jami ini sebagai sarana tempat berkumpul mereka untuk menyiarkan dakwah dan pendidikan Islam.

MASJID AGUNG DARUSSALAM

Masjid Agung Darussalam adalah masjid terbesar dan termegah di Purbalingga. Bangunan tempat ibadah umat muslim itu memiliki ciri khas yang menonjol dan tak dimiliki oleh masjid yang ada di daerah lain.
Masjid Agung Darussalam sendiri mendapat julukan “ Masjid Nabawi “ karena gaya arsitekturnya yang diatur sedemikian rupa sehingga menyerupai masjid Nabawi di Madinah. Ide untuk mengadopsi gaya arsitektur masjid Nabawi sendiri digagas oleh mantan Bupati Purbalingga,Bapak Triyono Budi Sasongko, seusai menjalankan ibadah haji di Tanah Suci Mekah.

MAKAM WALI PERKASA

Makam Wali Perkasa terletak di Desa Pekiringan, Karangmoncol. Konon Makam Wali Perkasa merupakan makam peninggalan wali yang merupakan tempat peristirahatan terakhir seorang penyebar agama islam yang berada di Desa Pekiringan.Wali Perkasa mempunyai nama lain yaitu Makdum Perkasa,yang merupakan nama pemberian dari Sunan Kali jaga, karena beliau yang mampu merubah arah kiblat masjid Demak yang konon dalam pembangunan masjid tersebut kurang sempurna arah kiblatnya. Tentunya proses perubahan arah kiblat tersebut dengan cara meminta kepada Allah SWT agar diberi kekuatan yang bisa merubah arah kiblat tersebut. Awalnya yang berdoa adalah Sunan Kali Jaga dan murid-muridnya yang mengamini,tetapi tetap saja tidak mampu merubah arah kiblat. Selanjutnya seorang murid minta diberi kesempatan memimpin doa,dan Sunan Kali Jaga yang mengamini bersama murid murid lainnya. Atas izin Allah arah Kiblat masjid Demak bergeser pada posisi yang sempurna.Sejak saat itulah beliau mendapat julukan nama PERKASA. Di Makam Wali Perkasa juga telah di sediakan pemandu demi kelancaran para peziarah.

B. WISATA BUATAN

Beberapa obyek wisata buatan yang ada di Purbalingga berupa Water Boom.Ini dikarenakan Purbalingga sangat berlimpah sumber mata air yang sangat jernih dan bersih.Bahkan menurut sebuah penelitian sumber mata air yang digunakan oleh pengelola obyek wisata aman bagi tubuh apabila tertelan.Beberapa obyek wisata buatan tersebut adalah :

OWABONG (Obyek Wisata Air Bojongsari)
Berlokasi di desa Bojongsari kec Bojongsari Kab Purbalingga.Owabong merupakan obyek wisata andalan Kab Purbalingga.Penyumbang PAD terbesar di sektor pariwisata ini dikunjungi bukan oleh wisatawan lokal kabupaten saja.Wisatawan yang datang ke Owabong dari berbagai daerah di Jawa Tengah,Jawa Barat bahkan banyak juga wisatawan yang sengaja datang dari Ibu Kota Jakarta.Owabong diresmikan pada tanggal 1 Maret 2005 oleh Bupati Waktu itu Bp Triono Budi Sasongko.Dan sampai sekarang Owabong menempati urutan kedua setelah Candi Borobudur untuk pengunjung terbanyak di Jawa tengah.

PANCURAN CIBLON BOBOTSARI
Berlokasi di jl PP Imam TP Bobotsari.Obyek Wisata Air Yang awalnya dibangun pada jaman Belanda ini mempunyai nilai historis yang sangat menarik.Salah satu kolam yang ada di Pancuran ciblon ini juga masih di jaga keasliannya.Harga tiket yang sangat murah menjadikan Pancuran Ciblon merupakan alternatif wisata air yang sangat digemari warga sekitar.

PURBASARI PANCURAN MAS
Obyek wisata yang berlokasi di desas Purbayasa Kecamatan Padamara Kabupaten Purbalingga ini pada awalnya lebih mengedepankan koleksi berbagai jenis ikan yang ada di berbagai perairan Indonesia dan Luar negeri dengan andalan ikan Raksasa yang hidup di perariaran Amazon yaitu Arapaima Gigas.Seiring berjalanya waktu sekarang koleksi dan permainan di Purbasari pancuran mas sudah sangat beragam.

PEMANDIAN TIRTA ASRI WALIK
Pemandian yang terletak di Dusun Walik Desa Kutasari ini merupakan salah satu yang tertua di Purbalingga. Objek wisata ini memiliki satu buah kolam renang berukuran 20 X 40 meter dan sebuah kolam renang khusus anak.

Tak hanya pemandian, objek ini juga memiliki perbukitan yang disulap menjadi tempat bersantai yang rindang. Dengan taman yang asri dan gazebo-gazebo yang tertata rapi, menjadikan objek wisata ini sebagai tempat yang tepat untuk bersantai.

SANGGALURI PARK
Nama SANGGALURI merupakan singkata dari Sanggar Luru Ilmu Yang artinya Tempat Mencari Ilmu.Sebuah pilihan nama yang bagus dan Tepat karena Obyek wisata ini lebih mengedepankan wisata Edukatif.Beberapa wahana yang dimiliki oleh oyek wisata ini hampir semuanya mengandung unsur pendidikan.Lokasi yang berdekatan dengan Obyek Owabong dan pusat kota serta harga tiket yang murah ini menjadikan Sanggaluri selalu Ramai dikunjungi wisatawan baik pada hari biasa maupun Saat liburan.

C. DESA WISATA

DESA WISATA KARANGBANJAR
Desa wisata Karangbanjar terletak di kabupaten Purbalingga, propinsi Jawa Tengah. Desa Wisata Karangbanjar berada sekitar 2 km dari ibukota kecamatan Bojongsari atau sekitar 5 km dari arah sebelah utara ibukota kabupaten Purbalingga. Di sebelah utara, berbatasan dengan desa Sumingkir dan Beji, di sebelah selatan, dengan desa Munjul, di sebelah timur dengan desa Bojongsori dan Kajongan, serta di sebelah barat dengan desa Kutasari.

DESA WISATA SERANG
Lokasi desa wisata Serang Kec Karangreja yang berada di lereng gunung Slamet ini menjadikan desa yang berhawa dingin dan sejuk ini mempunyai banyak sekali keistimewaan.Wisatawan akan dengan mudah mendapatkan sayur mayur dan buah Strawbery yang murah.juga Hom Stay yang sudah banyak didesa ini memudahkan wisatawan yang ingin merasakan dinginya hawa pegunungan di malam hari.Selain itu di desa ini juga ada wahana Out Bound yang dikelola oleh para pemuda yang tergabung dalam SAD (Serang Adventure) dimana Wahana Outbound ini menyuguhkan berbagai permainan menarik dan menantang Adrenalin Anda.

DESA WISATA LIMBASARI
Desa wisata Limbasari Kec Bobotsari ini memiliki beberapa keunikan.dengan Pemandangan alam yang indah dan hamparan sawah nan hijau menjadikan desa ini sangat cocok bagi anda yang ingin mengasingkan diri dari kebisingan kota.Desa ini juga disebut Desa Inggris karena didesa ini ada suatu metode pelatihan bahasa inggris yang unik yang menjadikan anda akan mahir menguasai bahasa Inggris dalam waktu yang singkat.Batik Limbasari yang sangat terkenal menjadikan desa ini dikenal di berbagai kota besar di indonesia.Dengan pemandangan alam yang indah dan Sungai yang jernih dimanfaatkan para pemuda untuk menjual paket Tubing di salah satu sungai yang ada di desa ini.

DESA WISATA TANALUM
Berawal dari keinginan untuk memajukan Desa Tanalum, Kepala Desa Tanalum Bapak Priyono, mencoba melakukan pemetaan potensi dan masalah yang ada di Desa Tanalum. Salah satu potensi besar yang ada adalah adanya Curug Kali Karang. Curug Kali Karang sudah menjadi wisata rakyat sejak puluhan tahun yang lalu, tetapi tidak juga mendapatkan sentuhan dari Pemerintah. Akibatnya keberadaan curug tersebut belum memberikan konstribusi pada Pendapatan Desa. Masyarakat di sekitar lokasi juga tidak mendapatkan hasil berarti dari keberadaan curug tersebut selain uang parkir ketika musim lebaran dan adanya segelintir warga yang berjualan di lokasi Curug Kali Karang.
Kini Desa Tanalum sudah siap-siap meramaikan pariwisata di Purbalingga dengan pemandangan alam dan curug yang bisa dijadikan andalan Desa Tanalum.Tak heran jika Tanalum juga dijuluki desa 1000 curug. Untuk menyongsong itu, di kawasan Curug, pemerintah desa menyiapkan tempat untuk camping. Tahapannya, sudah sampai pada penataan ruang untuk camping itu. Camping ground itu menawarkan keasrian pegunungan dan pemandangan langsung kota Purbalingga.

DESA WISATA SIWARAK
Desa Siwarak terletak di Kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga. Kurang lebih berjarak sekitar 27 km dari pusat kota Purbalingga.Desa Siwarak adalah salah satu desa yang diunggulkan menjadi sebuah desa wisata alam. Di semua tempat, pengunjung akan dimanjakan dengan keindahan alam dan kesejukan udara pegunungan. Berbagai obyek wisata pun dapat dikunjungi dengan mudah di antaranya Goa lawa yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat di sekitar Purbalingga pada khususnya.Selain Goa lawa juga ada Wana Wisata Argo Kelir yang di dalamnya terdapat perkebunan nanas, sirkuit downhill dan sirkuit grass track.

D. OBYEK WISATA ALAM


GOA LAWA

Obyek Wisata Goa Lawa merupakan kawasan obyek wisata yang menjadi salah satu produk unggulan pariwisata Purbalingga. Goa Lawa mempunyai luas sekitar 11,5 hektar merupakan goa yang terbentuk dari endapan batu gamping dan aliran lava yang membeku di bawah permukaan tanah. Goa Lawa meruakan goa kars karena terbntuk dari endapan batu gamping dan aliran lava yang membeku. Selain merupakan goa kars, goa ini juga masih sangat alami terbukti dengan masih banyak terdapat kelelawar dan anak-anak goa yang tidak boleh dimasuki di dalam goa tersebut. di dalam goa tersebut terdapat anak tangga yang mempunyai daya tarik tersendiri.Letak goa Lawa yang berada di desa Siwarak kec Karangreja ini menjadikan suasana di sekitar sangat sejuk.

E. OBYEK WISATA SEJARAH

MONUMEN JENDRAL SOEDIRMAN
Lokasi di ds Bodas Karangjati kec Rembang.Kurang lebih 40km dari pusat kota purbalingga.Bangunan museum ini dulunya merupakan rumah Tempat lahirnya Panglima Besar Jendral Soedirman pada tanggal 24 Januari 1916.pada tahun 1976 di lokasi tersebut di bangun bangunan pendukung yang sekarang dijadikan museum dan diresmikan penggunaanya pada tahun 1977

F. OUTBOUND ADVENTURE

Dengan lokasi daerah yang berada di lereng Gunung Slamet menjadikan Purbalingga di Anugrahi pemandangan yang indah dan sungai yang jernih.Hal ini di manfaatkan oleh beberapa operator outbound dan wisata petualangan lainya.Bagi anda yang ingin mencoba keberanian nyali anda atau ingin mengadakan Game yang bersifat pelatihan kepribadian kebersamaan dan kepemimpinan bisa datang ke Desa Serang dengan SAD (Serang Adventure)Yang menyediakan beberapa permainan,diantaranya Flaying Fox dan Giant Swing.Bagi yang suka berpetualang di air anda bisa mengadakan Tubing menyusuri sungai Tuntung Gunung di Limbasari atau Rafting di Sungai Klawing yang mempunyai nilai sejarah tinggin dan keunikan lainya.
Karena Purbalingga berada di kaki gunung Slamet sehinga Purbalingga tidak mempunyai Pantai.Tetapi jangan khawatir,bagi anda yang setelah berwisata di purbalingga ingin menikmati pantai dapat mengunjuungi pantai yang ada di tetangga daerah yaitu di Pantai Widara Payung atau di Teluk Penyu di Cilacap yang bisa ditempuh dari Purbalingga sekitar 90 menit.

G. WISATA INDUSTRI

Dibidang industri Purbalingga juga mempunyai beberapa prodak unggulan yang sudah sangat terkenal.Bahkan produk produk purbalingga sudah menembus ke pasar Internasional.Produk tersebut adalah Knalpot,Rambut palsu dan Bulu mata palsu.Untuk Knalpot pembuatanya masih dilakukan oleh Home Industri sedangkan untuk Rambut dan bulu mata palsu dilakukan oleh Pabrikan dan Home industri.

H. WISATA KULINER

Bilamana anda berkunjung ke Purbalingga dan ingin menikmata aneka masakan khas Purbalingga,sangat mudah sekali untuk mendapatkanya karena di Purbalingga banyak tempat yang bisa dijadikan wisata kuliner.Dari Es Durian,Gulai Melung,Sroto Purbalingga dll.Juga banyak sekali Rumah makan yang menyajikan aneka jenis makanan dengan nuansa alami.Di kota Purbalingga juga ada tempat pusat kuliner yang buka malam hari yaitu Kya kya Mayong dan di Sekitar Alun alun Purbalingga.

Dirangkum dari berbagai sumber
Di tulis Oleh Siswo Urilliyanto
Tag : Berita
1 Komentar untuk "PURBALINGGA SURGANYA PARIWISATA"

lebih asyik kalau ditambahi Desa Wisata Panusupan, Taman Puncak Gunung Pucung Desa Gunungwuled. Semuanya ada di Kecamatan Rembang.

Back To Top